Hot Posts

6/recent/ticker-posts

Contoh Surat Dokumen KOSP

 Dokumen kurikulum operasional di satuan pendidikan perlu menjadi dokumen yang dinamis, yang diperbarui secara berkesinambungan, menjadi referensi dalam keseharian, direfleksikan, dan terus dikembangkan.

Penyusunan dokumen kurikulum operasional di satuan pendidikan dari awal, hendaknya dimulai dengan memahami secara utuh kerangka dasar kurikulum yang ditetapkan oleh pemerintah, antara lain Tujuan Pendidikan Nasional, Profil Pelajar Pancasila, SNP, Struktur Kurikulum, Prinsip Pembelajaran dan Asesmen, serta Capaian Pembelajaran. Khusus untuk SMK, ditambah dengan memahami kompetensi yang dibutuhkan oleh dunia kerja terkait.

Bagi yang sudah memiliki dokumen kurikulum operasional di satuan pendidikan, dapat langsung melakukan peninjauan dan revisi.

 


1. Penyusunan dokumen

  • Siapa yang akan memfasilitasi penyusunan ini? Siapa yang akan dilibatkan dalam penyusunan ini?

  • Apakah sudah pernah dilakukan pembahasan kurikulum operasional di satuan pendidikan oleh pemangku kepentingan internal? (pimpinan sekolah dan guru)

  • Apakah sudah pernah dilakukan pembahasan kurikulum operasional di satuan pendidikan oleh pemangku kepentingan eksternal? (meliputi orang tua, komite satuan pendidikan, dan pemangku kepentingan lainnya, yaitu: organisasi berbagai sentra, serta industri dan dunia kerja untuk SMK)

2. Peninjauan dan revisi

  • Siapa yang akan memfasilitasi peninjauan dan revisi ini? Siapa yang akan dilibatkan dalam peninjauan dan revisi ini?

  • Apakah satuan pendidikan memiliki dokumen kurikulum operasional sekolah yang sebagian atau seluruh isinya merepresentasikan satuan pendidikan?

  • Apakah ada diskusi/kerja kolaborasi untuk menyusun kurikulum operasional sekolah yang setidaknya melibatkan para pimpinan atau perwakilan guru?

  • Apakah ada informasi atau pembahasan yang disampaikan pada orang tua mengenai kurikulum dan/atau program-program?

  • Khusus untuk SMK, apakah substansi kurikulum yang ada masih sesuai dengan kebutuhan dunia kerja?

Untuk panduan pengembangan KOSP yang lebih rinci dapat dilihat melalui tautan berikut ini:

DOWNLOAD DISINI

sumber : https://pusatinformasi.guru.kemdikbud.go.id/hc/id/articles/14179956485017-Panduan-dan-Contoh-Perumusan-KOSP

Posting Komentar

0 Komentar